Rabu, 10 Desember 2008

" Sudahkah makanan kita halal? "

Anak selalu dibidik menjadi pasar potensial bagi produksen, baik itu untuk jenis makanan dan minuman, juga permen, snack,dan sebagainya. Hati – hati dengan makanan minuman yang di kusumsi anak kita.

Jenis makanan seperti premen, jeli snck, cokelat,premen lunak, menjadi favorit bagi sebagaian besar anak- anak kita.sedangkan untuk minuman warna-warni dengan aneka rasa selalu menjadi proiritas yang mereka gemari. Kebanyakan makanan dan minuman tersebut dijajakan secara bebas di toko- toko dan warung-warung.

Sejalan dengan berkembangnya selera, tersebut, paraprodusen pun berlomba menawarkan aneka produk mereka dengan tampilan yang menarik dan warna – warni. Mereka juga menampilkan tokoh kegemaran mereka dalam kemasan dan meberikan iming – iming hadia .berbagai promosi juga di tampilkan di TV dengan gaya yang di sukai.
Premen menjadi salah satu paling di gemari anak kita . rasanya yang manis dan tersedia dalam berbagai pilihan rasa kesukaan anak, tidak jarang membuat anak-anak ketagian apalagi dengan terus berkembangnyan teknologi. Premen dapat di buat dengan berbagai bentuk dan tekstr.
Melihat bagaimana anak begitu menyukai permen amatlah mudah.Cobalah tengok gigi mereka.Hampir tidak ada anak yang giginya masih utuh di usia lima tahun Memang inilah salah efek buruk permen bagi anak . Anak yang belum bisa atau terbiasa gosaok gigi tidak dapat membersihkan sisa- sisa permen terutama permen yang empuk yang menemopel pada gigi. Sisa permen yang manis akan di fermentasi bakteri menghasikan asam . Asam mengikis lapisan email gigi dan menyebabkan keropos atau gigi berlubang 
Dari segi kehalalnya permen lunak cenderung memiliki peluang lebih besar tersusupi komponen tidak halal permen ini tidak hanya terdiri dari gula dan presa seperti pada permen keras tapi juga di tambah bahan pengenyal. Penenyasl yang umum di pakai adalah gum dan gelatin.
Gum terbuat dari getah tumbuhan sehingga aman di tambahkan. Namun, permen lunak akan menjadi bermasalah bila yang di tambahkan adalah gelatin berasal dari binatang apa bahan tersebut ? jika dari binatang sapi, bagaimana cara menyembelihnya?
Perhayian khusus perlu diberikan kepada jeli yang kenyal.bahan yang di gunakan bisa dari tepung konyaku atau gelatin. Tepung konyaku berasal dari sejenis umbi – umbian,serhingga aman dari sisi kehalalan di badingkan dengan yang menggunakan gelatin.bahan yang perlu di cermati dalam jeli adalah perisa, pewarna dan pemanis buatan yang di gunakan. Selain berpeluang tidak halal, penggunaan bahan – bahan sentetis terutama untuk anak – anak dapat menimbulkan dampak gangguan kesehatan di kemudian hari.jangan membeli hanya karena harganya murah atau karena anak suka.pertimbangkan juga efeknya terhadap anak – anak yang kita sayangi.
Snack di sukai anak – anak karena renyah dan gurih.dengan berbagai rasa seperti sapi panggang, ayam,rumput laut,pizza dan sebagainya,makanan ini tidak terpisahkan lagi dari anak-anak.namun hati-hati, jangan membiarkan anak mengkonsumsi makanan jenis ini tanpa membatasinya. Makan anak-anak memang paling rawan.berbagai rasa pada snack di dapatkan dari perisa plus MSG. Perisa daging perlu diwaspadai, karena ada yang diekstrak dari bagian tubuh manusia seperti rambut dan bisa juga berasal dari binatang tertentu yang tidak halal. mas  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar